Menaiki Motor, Calon Bupati Dr Afni Terima Keluhan Petani Saat Kampanye di Sungai Mandau

Menaiki Motor, Calon Bupati Dr Afni Terima Keluhan Petani Saat Kampanye di Sungai Mandau

Siak (Sangkala.id)-calon Bupati Siak Dr Afni menerima keluhan dari masyarakat petani di Sungai Mandau. Petani mengeluhkan soal pengairan yang mengganggu terhadap pertumbuhan padi di sawah.

Afni yang melakukan kampanye dengan menaiki sepeda motor menyapa dan berbincang dengan para petani yang sedang bekerja di sawah.

Ikok, Petani Padi di Persawahan Desa Muara Kelantan ceritakan, permasalahan pengairan menjadi kendala petani yang ada disana. Kondisi air yang memiliki zat asam yang tinggi menghambat pertumbuhan padi yang ada disana.

"Saya sudah empat kali gagal panen Bu. Tak terhitung berapa jumlah kerugian yang saya alami. Sampai saat ini tak ada solusi apa-apa dari Pemda Siak," curhat Ikok.

Keluhan lainnya disampaikan Siswo, Petani Padi di Persawahan Desa Lubuk Jering. Ia mengeluhkan air yang dialirkan dari desanya memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga memengaruhi pertumbuhan padi petani setempat.

"Kami berharap air dialirkan dari air Sungai Mandau. kalau dari Air Sungai Mandau, kadar asamnya rendah," ujarnya.

Selain itu, masalah modal juga menjadi kendala petani setempat. Kerap karena kekurangan modal, para petani tidak serentak menanam padi. "Karena kekurangan modal, petani disini tak serentak menanam padi. akibatnya, banyak hama yang mengganggu padi petani," cerita Siswo.

Permasalahan yang sama juga diceritakan Masini, Petani di Persawahan Muara Kelantan. Ia menanam padi secara ditugal agar padi yang ia tanam tumbuh dengan baik. Ini merupakan strateginya agar padi yang ia tanam tetap tumbuh meski saat ini kadar asam air tinggi.

Menanggapi keluhan para petani, Afni menyampaikan salah satu program kerjanya saat nanti menjadi Bupati Siak yakni peningkatan ketahanan pangan menuju swasembada pangan.

"Jika nanti sudah menjadi Bupati, saya akan menfokuskan infrastruktur perairan di Sawah Sungai Mandau. Masalah permodalan hingga panen akan menjadi fokus saya," janji Afni.

Tak hanya menerima keluhan soal masalah pertanian, Calon Bupati perempuan pertama di Kabupaten Siak ini juga tampak akrab menyapa warga. Termasuk pedagang, penjahit, dan warga kurang mampu. Bahkan seorang janda miskin tampak menangis mengadu ke Afni karena rumahnya selalu kebanjiran saat hujan.

"Bersabar ya Bu. Jika kelak saya jadi pemimpin, kita hapus kegiatan yang tidak penting, kita prioritaskan membantu fakir miskin, janda dan anak yatim. Doakan saya istiqomah dan bisa memenangkan Pilkada ini," kata Afni sembari memberikan pelukan pada warga tersebut.***

#Politik

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index