Masyarakat Suka Mulia Berharap Afni-Syamsurizal Terpilih Solusi Masalah Status Lahan

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 10:38:07 WIB

SIAK (Sangkala.id)- Masyarakat Suka Mulia Kandis mengeluhkan soal status lahan dalam kampanye dialogis dengan calon bupati Siak nomor urut 2. Menanggapi keluhan masyarakat, Dr Afni menyebut terkait status lahan menjadi salah satu program mereka.

"Peningkatan status lahan menjadi salah satu dari program kami," ujar Afni saat kampanye dialogis dengan masyarakat Sukamulia Kandis, Jumat (4/10/2024).

Kehadiran calon bupati perempuan pertama di Siak  ini disambut hangat masyarakat setempat. Kehadiran staf ahli Menteri LHK ini dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi.

Warga mengeluhkan kesulitan mereka untuk  memecah nama atau mengurus surat lahannya.

"Daerah kami ini daerah transmigrasi, jadi masih sulit  pemecahan surat tanah. Kami sudah lapor ke BPN, tetapi sampai saat ini tidak ada solusi," ujar salah seorang warga.

Mereka berharap, Afni terpilih jadi Bupati Siak, agar permasalahan lahan bisa teratasi.

Dr. Afni Z menyampaikan permasalahan lahan masyarakat memang banyak terjadi. Hal itu pula yang membuat dirinya bersama Syamsurizal membuat program perjuangkan hak hutan masyarakat menjadi program utama.

"Soal balik nama merupakan program utama kami dalam memperjuangkan hak hutan masyarakat. Saya yakin banyak permasalahan lahan yang terjadi di masyarakat, karena peta Kabupaten Siak saya hafal, ada banyak mafia tanah di Siak ini," ujarnya.

Afni juga mengatakan, tak hanya mengenai balik nama, beberapa persoalan lahan lainnya juga menjadi masalah utama yang hingga kini dihadapi masyarakat.

"Jika persoalan lahan ini semakin dibiarkan, makan akan pecah konflik-konflik di masyarakat, jadi bapak/ibu, saya mohon dukungan bapak ibu agar saya dapat membantu masyarakat mendapatkan kembali haknya," tegasnya.  ***

Terkini