Pertamina EP Lirik Tanamkan Benih Literasi, Bangun Masa Depan Cerdas di Kecamatan Lirik

Senin, 09 September 2024 | 14:09:52 WIB

Inhu (Sangkala.id)-Bertepatan dengan Hari Literasi Internasional yang jatuh pada 8 September, Pertamina EP Lirik meresmikan Rumah Baca LILAC: Lirik Literacy Center, Jumat (06/09) lalu, sebagai upaya mewujudkan Generasi muda yang lebih cerdas. Peresmian ini bukan hanya sekadar peresmian gedung, namun menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan minat baca dan literasi di Kecamatan Lirik, Kabupaten Inhu LILAC dibentuk bersama Forum Anak Kecamatan Lirik sebagai mitra.

Pada kegiatan ini turut hadir perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Budaya Kabupaten Indragiri Hulu Evi Linda, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu Monalisawati, Camat Lirik yang diwakili Kasi Pembangunan Dimas Ariwibowo, Dinas Perpustakan Kabupaten Indragiri Hulu Venisa Dwipasari, Kepala Desa Lirik Area Laswanto dan Kepala Sekolah di Kecamatan Lirik dan Pjs Manager Pertamina EP Lirik M. Zuly Giansyah.

Kasi Pembangunan Lirik Dimas Ariwibowo menyampaikan apresiasi dan harapannya dengan telah diresmikannya LILAC dan berharap terus berkelanjutan. Mengingat lokasi LILAC berada di Wisata Alam Lirik. "Ketika ada yang berkunjung ke wisata alam tidak hanya berwisata melainkan bisa turut serta membaca dan berkreasi di rumah baca,”ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi pada Pertamina EP Lirik atas program yang selalu disinergikan dengan pemerintahan desa maupun kecamatan.

Pjs Manager Lirik Field M. Zuly Giansyah menyampaikan bahwa kegiatan dari Program  Pengembangan Pendidikan ini memiliki banyak manfaat untuk anak-anak dan generasi muda di Kecamatan Lirik, "Kami percaya bahwa literasi adalah kunci untuk membuka pintu pengetahuan dan peluang yang lebih luas. Dengan hadirnya Rumah Baca LILAC: Lirik Literacy Center, kami ingin memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya anak-anak dan pemuda,"  ungkapnya.

Dengan meningkatkan minat baca anak-anak, dapat memperkaya wawasan, serta mendorong terciptanya lingkungan yang lebih kondusif untuk belajar dan berkembang.

Ketua Forum Anak Kecamatan Lirik Muhammad Fahmdi Ahda mengaku bersemangat mengawali kegiatan di LILAC.“Kami siap untuk berkegiatan di LILAC, mohon pendampingan dari kakak, bapak ibu semua,” kata siswa SMAN 1 Lirik ini. Lebih dari sekadar tempat membaca, LILAC: Lirik Literacy Center dirancang sebagai ruang yang inspiratif dan nyaman bagi anak-anak dan pemuda untuk belajar, berkreasi, dan mengembangkan potensi diri.

Dilengkapi dengan koleksi buku yang beragam, fasilitas belajar yang memadai, serta program-program menarik seperti dongeng, pelatihan menulis, dan diskusi buku, rumah baca ini diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan positif bagi anak-anak dan remaja.

Peresmian Rumah Baca LILAC: Lirik Literacy Center ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan nomor 4 yang menargetkan pendidikan berkualitas. Dengan menyediakan akses terhadap buku dan fasilitas belajar, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak dan pemuda di Kecamatan Lirik dan berkontribusi pada pembangunan sumber daya manusia yang unggul.***(tom)

Terkini