Dihadiri Ribuan Masyarakat, Perwosi Kabupaten Tangerang Canangkan Gerakan Daerah Melawan Osteoporosis

Selasa, 06 Agustus 2024 | 17:04:52 WIB

Tangerang (Sangkala.id)-Ribuan masyarakat kabupaten Tangerang yang didominasi ibu-ibu memadati lapangan Sport Center Kelapa Dua kabupaten Tangerang, untuk menghadiri acara Pencanangan Gerakan Daerah Melawan Osteoporosis dan Perwosi Cup 2024,  Sabtu (3/8/2024).

Acara ini ditaja oleh Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) kabupaten Tangerang, yang dinakhodai Intan Nurul Hikmah. Juga hadir ketua KONI kab Tangerang H.Eka Wibayu, ketua umum Perwatusi Anita A Hutagalung, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum kabupaten Tangerang Prima Saras Puspa. 
Dalam sambutannya, Intan mengemukakan, tujuan gerakan melawan osteoporosis ini adalah untuk mencegah terjadinya kekroposan tulang perempuan-perempuan Indonesia, khususnya di kabupaten Tangerang.

"Kami berterima kasih kepada KONI kabupaten Tangerang yang mensupport Perwosi dalam kegiatan sosialisasi dan persiapan acara pencanangan gerakan melawan osteoporosis dan Perwosi Cup 2024 hari ini," ungkap Intan serta  menyebut acara dikuti 1500 peserta se-Kabupaten Tangerang.

Kemudian Intan mengatakan, ia merasa bangga dan berterima kasih bahwa pencanangan gerakan daerah melawan osteoporosis dihunjuk di kabupaten Tangerang.

"Saya secara pribadi dan Perwosi merasa bangga dan berterima kasih bahwa pencanangan gerakan daerah melawan osteoporosis dihunjuk di kabupaten Tangerang," ujar Intan yang digadang-gadang bakal calon wakil bupati (bacawabup) ini.

Kemudian Intan mengatakan, Perwosi berkolaborasi dengan Persatuan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) akan terus melakukan sosialisasi pencegahan osteoporosis dan pentingnya menjaga kesehatan tulang.

"Kami akan terus mengampanyekan pentingnya kesehatan tulang melalui senam osteoporosis di seluruh kecamatan. Ibu-ibu sehat dan bahagia mengurus rumah tangga, keluarga pun bahagia," tandas Intan.

Sementara ketua umum Perwatusi pusat Anita A Hutagalung dalam sambutannya mengatakan, tahun 2021 wakil presiden RI Mar’uf Amin mencanangkan gerakan nasional melawan osteoporosis pada puncak peringatan hari osteoporosis nasional.

Tujuannya yaitu menggaungkan kepedulian pemerintah daerah dan masyarakatnya  untuk waspada dan melakukan langkah-langkah nyata membentuk masa tulang agar terhindar dari resiko  patah tulang akibat osteoporosis.

Anita menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Tangerang atas dukungannya pencanangan gerakan daerah melawan osteoporosis. Menurut Anita 1 dari 3 perempuan dan 2 dari 3 laki-laki beresiko terkena osteoporosis jika tidak menjaga kesehatan tulang.

"Terima kasih kepada ibu Intan atas kolaborasi ini. Ke depan kita akan gencar mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan tulang melalui berbagai kegiatan, seperti melalui talkshow, " pungkas Anita.

Prima Saras Puspa dalam sambutannya mengatakan, pemerintah kabupaten Tangerang menyambut baik inisiatif Perwosi atas pencanangan gerakan daerah melawan osteoporosis tersebut.

"Kita berharap dengan pencanangan ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tulang semakin meningkat," ucap Prima.

Usai sambutannya, Prima didampingi Intan dan Anita secara simbolis menekan tombol pertanda pencanangan resmi dimulai. 
Acara pencanangan ini dimeriahkan dengan senam massal yang dipandu instruktur dokter Ade Jeanne L.Tobing dari Perwatusi dan zumba party bersama Liza Natalia.

Berikut  perlombaan Perwosi Cup 2024 yakni lomba senam osteoporosis, senam Tangerang gemilang dan senam aerobik.***(Gaol) 

Terkini