Total Sasaran 5461 Anak, UPTD Puskesmas Bencongan Kelapa Dua Capai 100 Persen Target PIN Polio 2024

Rabu, 31 Juli 2024 | 08:11:12 WIB

Banten (Sangkala.id)-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 Tahap 2 serentak di 27 provinsi, setelah PIN Polio Tahap 1 digelar di lima provinsi Indonesia. Yakni di provinsi Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Adapun 27 provinsi yang melaksanakan PIN Polio 2024 Tahap 2 adalah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, DIY (kecuali Kabupaten Sleman), Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku dan Maluku Utara

Dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 Tahap 2, UPTD Puskesmas Jalan Emas kelurahan Bencongan, kecamatan Kelapa Dua, kabupaten Tangerang, Banten, telah melaksanakan PIN Polio putaran pertama dengan baik pada tanggal 23 s/d 29 Juli 2024. Jumlah sasaran 5461 anak usia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari. Demikian dikemukakan dr.Yasmina Ediani kepala Puskesmas Jalan Emas, di kantornya,  Selasa (30/7/2024).

"Alhamdulillah dari jumlah sasaran 5461 anak, semua atau 100 persen telah menerima vaksin polio PIN putaran pertama. Kami berharap PIN vaksin polio putaran ke dua yang akan dilaksanakan tanggal 06 s/d 12 Agustus 2024 juga berjalan lancar," kata Yasmina dan menyebut yang diberikan adalah vaksin polio tetes ke mulut (oral) bukan vaksin polio suntik.    
        
Dokter Yasmina mengatakan, suksesnya PIN Polio 2024 putaran pertama yang telah dilakukan,  atas kerjasama yang baik dari pihak puskesmas dengan para kader PKK, ketua RT/RW dan kelurahan ikut memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat.

"Contohnya di posyandu Anyelir yang berada di RW 025 yang terdiri dari 5 RT, data awal hanya 32 anak, terakhir jadi 54 anak.  Tentu saja, selain kerja keras para kader PKK juga atas dukungan ketua RT dan RW untuk mengimbau warga. Memang benar, dimana ketika kami bersama sekretaris lurah Pendi Wahudy meninjau pelaksanaan imunisasi di posyandu Anyelir ini, semua ketua RT juga ketua RW hadir menberi dukungan," ungkap Yasmina.

Kemudian Yasmina mengemukakan, sesuai sebaran sasaran 5461 anak penerima vaksin polio, tempat imunisasi diadakan di beberapa posyandu, PAUD, RA/TK dan SD yang ada di kelurahan Bencongan. "Tempatnya di 28 posyandu, 9 PAUD, 2 RA, 19 TK, dan 10 SD," terang Yasmina.

Di tempat terpisah, Edy Sumantri ketua RW 025 kelurahan Bencongan mengatakan, ia bersama ketua-ketua RT ikut membantu ibu-ibu kader PKK mensosialisasikan PIN Polio 2024 kepada warganya.

"Selain membantu sosialisasi PIN Polio, kami juga hadir membantu ibu-ibu kader PKK menyiapkan tempat posyandu untuk lancarnya pelaksanaan imunisasi vaksin polio tersebut," tutur Edy Sumantri pensiunan PNS dinas PU kabupen Tangerang.***(Gaol)
 

Terkini