1.045 Khataman Al Quran Sambut Hari Santri, Dr.Afni Z : Ini Sejarah Bagi Muslimat NU Siak

Senin, 21 Oktober 2024 | 23:19:23 WIB

Siak (Sangkala.id)-Ribuan santri bersama para Kyai pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Siak, memperingati Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin As-siaki Dayun, Senin (21/10/2024). Hadir sebagai penceramah Nyai Hj Siti Masyitoh, S.Ag, M.Pd dari Ponpes Sunan Bonang Jawa Timur.

Acara ini ditaja oleh Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Siak dibawah kepemimpinan Dr.Afni Z,M.Si,  dengan melibatkan lebih dari 1.000 santri dan warga Nahdliyin yang membacakan Al Quran secara berjemaah.

"Alhamdulillah, ini sejarah baru bagi Muslimat NU Siak berhasil melaksanakan agenda khataman Al Quran, dari target 1.000 khataman menjadi 1.045 khataman. Terimakasih bimbingan dan dukungan dari para Kyai pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Siak, juga pada seluruh santri dan warga NU Siak yang terlibat dalam kegiatan ini. Berkah barokah kiranya setiap bacaannya," kata Ketua Muslimat NU Siak, Dr.Afni Z,M.Si dalam sambutannya dihadapan ribuan massa.

"InsyaAllah ini akan jadi agenda rutinan kita nantinya. Bahkan dibuat lebih besar lagi. Peringatan hari santri ini juga menjadi satu momentum kebangkitan Muslimat NU Siak untuk kedepannya berkhidmat lebih baik lagi," ujar santri yang kini menjadi Calon Bupati Siak perempuan pertama itu.

Dalam kegiatan peringatan hari santri ini, Dr.Afni bersama jajarannya selaku salah satu Banom NU, tampak berbaur di antara Pengurus Cabang NU Kabupaten Siak. Diantaranya terlihat hadir Rois Syuriah KH. Khoirul Mubtadiin, Katib Syuriah Kyai Mustan Farizan, Ketua Tanfidziyah KH. M. Thoyib Firdaus dan para Kyai pimpinan pondok pesantren lainnya.

Juga tampak hadir mantan anggota DPRD Siak tiga periode yang kini menjadi Calon Wakil Bupati, Syamsurizal. Mendampingi Ketua Muslimat NU Siak, Dr.Afni di Pilkada Siak, kedua calon pemimpin Siak ini ternyata merupakan santri. Dr.Afni dan Syamsurizal juga mengambil bagian dalam 1.045 khataman Al Quran.

Acara puncaknya berlangsung dengan sangat meriah, ribuan santri dan warga NU tampak semangat melantukan shalawat Nabi. Massa juga dimanjakan dengan tausiyah dan suara indah dari penceramah yang juga Qoriah Nasional

"Santri nderek (mengikut) Kyai. Inilah generasi penerus masa depan Bangsa. Saya bersyukur bisa sampai ke Siak untuk peringatan hari santri kali ini. Mari kita doakan semoga hajat, khususnya niat baik Ketua Muslimat Siak diijabah dan diberikan kemudahan oleh Allah Swt," kata Hj Siti Masyitoh yang lantas memimpin pembacaan Al Fatihah yang diikuti seluruh jemaah.

Peringatan Hari Santri ini juga membuat geliat ekonomi UMKM menjadi bergerak. Puluhan pedagang tampak memadati lokasi acara. Secara khusus sebelum dimulainya acara, Ketua Muslimat NU Siak Dr.Afni tampak berkeliling menyalami satu persatu pedagang UMKM di sekeliling lokasi acara. Banyak pedagang, masyarakat dan warga NU menyambutnya antusias, meminta foto bersama dan bahkan memeluknya.

"Alhamdulillah kami senang sekali tiap acara sholawat dan Muslimat selalu ramai. Kami juga tadi tidak menyangka Ketua Muslimat NU Ibu Afni menyapa langsung memberi semangat. Beliau luar biasa dan kami doakan semoga semua hajat beliau tercapai," kata Nur, salah seorang pedagang.***

Terkini